Dalam rangka meningkatkan awareness terhadap penumpang, terutama penyandang disabilitas, maskapai TransNusa pada hari ini, Kamis (10/4/2025) mengadakan workshop terkait peningkatan pelayanan terhadap penumpang penyandang disabilitas. Workshop akan dilaksanakan selama dua hari yaitu hari ini dan Senin (14/4/2025).

Acara yang bertajuk “Workshop TransNusa Ramah Disabilitas” tersebut diampu oleh penyandang disabilitas yang juga urban planner dan arsitek Christie Damayanti dan diikuti oleh staf dari TransNusa beserta staf dari PT. JAS yang merupakan groundhandling dari TransNusa.

Workshop ini diadakan agar setiap orang terutama para pekerja dapat memahami disabilitas sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, serta dapat memberikan penyesuaian yang sepatutnya dalam pelayanan jasa servisnya.

INACA turut hadir pada acara yang diselenggarakan di ruang rapat perkantoran maskapai, kompleks Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang tersebut.

Terkait dengan pelayanan terhadap penumpang penyandang disabilitas dalam penerbangan nasional telah diatur dalam UU no 1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan dijabarkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara, di mana maskapai dan bandara wajib menyediakan fasilitas dan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas, termasuk bantuan mobilitas dan aksesibilitas.

Detil operasional aturan tersebut kemudian dituangkan dalam standar operasional prosedur (SOP) masing-masing maskapai.

INACA mendukung pelaksanaan workshop yang dilaksanakan maskapai anggotanya ini, bukan saja terkait pelaksanaan aturan dari regulator, tetapi juga kesadaran bahwa setiap penumpang harus mendapat perlakuan yang setara dalam penerbangan, baik itu dalam hal keselamatan, keamanan dan pelayanan. Pelayanan kepada semua penumpang merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari industri penerbangan.

#inaca #transnusa #disabilitas #workshop

Author