Tim INACA yang dipimpin oleh Wakil Sekjen Capt. Dharmadi bersama dengan tim dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari ini, Kamis 9 November 2023 melakukan finalisasi hasil survey indeks kepuasan konsumen (Customer Satisfaction Index/ CSI) di Bandara Halim.
Rapat finalisasi ini menindaklanjuti survey CSI yang dilaksanakan mulai tanggal 9 – 15 Oktober 2023 lalu. Rapat finalisasi dipimpin langsung oleh EGM of Operational KSO-HLP, Kol. Nav. Insan Nanjaya.
Dalam rapat terungkap bahwa hasil Indeks Kepuasan Konsumen di Bandara Halim Perdanakusuma pada tahun 2023 ini sebesar 4,62 atau meningkat tipis 0,02 dibanding hasil CSI tahun 2020 yang sebesar 4,60. Pada tahun 2021 dan 2022, di Bandara Halim Perdanakusuma tidak dilakukan survei CSI karena sedang terjadi pandemi Covid-19.
Kol. Nav. Insan Nanjaya menyatakan terimakasih dan menyambut baik hasil CSI dari INACA ini. “Hasil survei kami terima dengan senang hati dan akan kami pakai sebagai acuan untuk pengembangan bandara ke depannya,” ujarnya.
Berbeda dengan CSI tahun 2020 yang menggunakan 5 jenis konsumen yaitu penumpang, kru maskapai, konsesioner, kargo dan station manager maskapai, pada tahun 2023 ini hanya dilakukan survei pada penumpang, konsesioner dan station manager maskapai.
Hal-hal yang memuaskan penumpang di antaranya adalah terkait kebersihan toilet dan terminal, AC ruang tunggu, pusat informasi bandara, serta tempat duduk di terminal bandara.
Bagi station manager maskapai, hal yang memuaskan adalah terkait standar keselamatan dan keamanan, fasilitas check-in, musholla dan AC ruangan kerja.
Sementara itu hal yang paling memuaskan bagi konsesioner adalah terkait rasa aman berusaha.
#csi
#inaca
#hlp
#bandarahalimperdanakusuma
@halimperdanakusumaairport
@angkasapura2
@angkasatransportindoselaras
@denonprawiraatmadja
@masbayu2306
@dharmadi.flybest
@dicky.d2005
@o_rukmana
@cafeangkasa