PROFIL INACA

M. Arif Wibowo Kembali Jadi Ketua Umum INACA

Indonesia National Air Carriers Association atau INACA merupakan sebuah Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia yang didirikan oleh para pengusaha perusahaan penerbangan pada tanggal 15 Oktober 1970. INACA berfungsi sebagai wadah persatuan antara perusahaan-perusahaan angkutan udara dan kegiatan-kegiatan penerbangan nasional lainnya yang ada di Indonesia. INACA merupakan satu-satunya asosiasi usaha penerbangan nasional di Indonesia yang diakui sebagai mitra pemerintah. Hal ini tertulis dalam Keputusan Menteri Perhubungan No : KP 5/AU 701/PHB-89 pada tanggal 23 November 1989. Pada Rapat Umum Anggota (RUA) yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juni 2010 lalu di Bandung, IACA atau Indonesia Air Charter Association telah menyatakan bergabung dengan INACA. Hingga saat ini jumlah anggotanya terdiri dari 17 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Berjadwal serta 22 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal.

Saat ini posisi Ketua Umum INACA dijabat oleh Arif Wibowo untuk masa jabatan 2015-2018. Selain sebagai Ketua Umum INACA, Arif Wibowo juga merupakan Presiden Direktur dari PT. Citilink Indonesia. Arif terpilih sebagai Ketua Umum berdasarkan hasil rapat umum tahunan anggota INACA yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 November 2013 lalu di Surabaya untuk menggantikan Emirsyah Satar yang telah habis masa jabatannya. Sementara untuk posisi Ketua Penerbangan Berjadwal dijabat oleh Bayu Sutanto yang berasal dari maskapai penerbangan Transnusa. Untuk posisi Ketua Penerbangan Non Berjadwal saat ini dijabat oleh Denon Prawira Atmaja yang berasal dari maskapai White Sky. Sedangkan untuk posisi Sekretaris Jenderal INACA saat ini masih dijabat oleh Tengku Burhanudin.

Dengan adanya formasi baru ini, Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti berharap dunia penerbangan di Indonesia mampu bersaing dengan maskapai penerbangan lainnya untuk menghadapi Open Sky 2015 nanti.

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.