PROFIL INACA

Indonesia National Air Carriers Association atau INACA merupakan sebuah Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia yang didirikan oleh para pengusaha perusahaan penerbangan pada tanggal 15 Oktober 1970. INACA berfungsi sebagai wadah persatuan antara perusahaan-perusahaan angkutan udara dan kegiatan-kegiatan penerbangan nasional lainnya yang ada di Indonesia. INACA merupakan satu-satunya asosiasi usaha penerbangan nasional di Indonesia yang diakui sebagai mitra pemerintah. Hal ini tertulis dalam Keputusan Menteri Perhubungan No : KP 5/AU 701/PHB-89 pada tanggal 23 November 1989. Pada Rapat Umum Anggota (RUA) yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juni 2010 lalu di Bandung, IACA atau Indonesia Air Charter Association telah menyatakan bergabung dengan INACA. Hingga saat ini jumlah anggotanya terdiri dari 17 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Berjadwal serta 22 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal.

Profil INACA

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) adalah Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia yang didirikan oleh para pengusaha perusahaan penerbangan pada tanggal 15 Oktober 1970. INACA berfungsi sebagai wadah persatuan antara perusahaan-perusahaan angkutan udara dan kegiatan-kegiatan penerbangan nasional lainnya di Indonesia.

INACA merupakan satu-satunya Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional di Indonesia yang diakui sebagai mitra pemerintah. Hal ini tertulis dalam Keputusan Menteri Perhubungan No : KP 5/AU 701/PHB-89 pada tanggal 23 November 1989.

Saat ini jumlah anggotanya berjumlah 35 Perusahaan Angkutan Udara yang terdiri dari 11 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Berjadwal, 22 Perusahaan Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal, dan 2 Perusahaan Angkutan Udara Cargo.

Berdasarkan Rapat Umum Anggota (RUA) INACA 2019, susunan kepengurusan INACA periode 2019-2022 adalah sbb:

  • Denon B. Prawiraatmadja (WhiteSky Aviation) terpilih sebagai Ketua Umum INACA 2019-2022
  • Bayu Sutanto sebagai Sekretaris Jenderal INACA
  • Veranita Josephine (AirAsia) sebagai Ketua Penerbangan Berjadwal
  • Arif Wibowo (AirFast Indonesia) sebagai Ketua Penerbangan Tidak Berjadwal
  • Muhammad Ridwan (My Indo Airlines) sebagai Ketua Penerbangan Kargo

Dengan kepengurusan baru INACA periode 2019-2022, diharapkan kiprah INACA sebagai Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia mampu :

Memberikan manfaat dan kemajuan yang berarti bagi para anggotanya.

Membawa marwah sebagai mitra pemerintah untuk mengemban misi industri dan menciptakan hubungan industrial yang kondusif antara perusahaan penerbangan dengan pemerintah dan para stakeholder lainnya terkait penerbangan.

Mampu meningkatkan daya saing dan kinerja para anggotanya serta mendorong pertumbuhan bisnis penerbangan dan investasi baru di bidang penerbangan, sehingga membantu pemerintah dalam menciptakan seluas-luasnya lapangan pekerjaan dan penyerapan kerja masyarakat.

Menjadi forum komunikasi dan diskusi, memunculkan inovasi-inovasi baru, serta mampu menjembatani dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang mengemuka terkait bidang penerbangan.

sejarah , visi misi INACA updated

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.