Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja dalam acara webinar Canada Aviation MRO, Selasa (8/3/2022) menyampaikan bahwa, rencana pemerintah ubah status Covid-19 menjadi endemi akan mampu mempercepat proses recovery ekonomi dan bisnis.
Diharapkan, perkembangan industri penerbangan kedepan akan bangkit dan mengalami pertumbuhan yang konsisten seperti periode sebelum COVID-19.
Hadir dalam webinar yang diselenggarakan oleh IAMSA bekerjasama dengan INACA dan Kedutaan Canada tersebut antara lain dari IAMSA, Chairman of the Board of IAMSA Andi Farurrozi dan Vice Chairman of International Cooperation of IAMSA, Indar Atmoko.
Pembicara lainnya adalah Counsellor (Commercial) and Senior Trade Commissioner Embassy of Canada to Indonesia & Timor Leste, Mark Strasser dan Canadian Defence Attache Accredited to Indonesia, The Phillipines, Brunei & Timor Leste, Colonel Stewart Taylor, serta dari Kemenperin, Najamudin.
Sedangkan dari para pelaku industri MRO Canada antara lain Blake Langley dari Bell Helicopter Textron Canada; Tom Jackson dari CanWest Aerospace; lalu dari De Havilland Aircraft of Canada, Robert Baseggio didampingi Bruce Tiam Fook dan Matt Reardon. Juga Ong dari Heli-one, Kelvin Hung dari IMP Aerospace & Defence, serta Ruben Steppin dari SKYTRAC Systems.
Menurut Denon, prospek angkutan kargo kedepan juga diprediksi sangat cerah, karena wilayah South East Asia adalah salah satu wilayah dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia.
Sedangkan pertumbuhan bisnis penerbangan charter private jet meningkat seiring kebutuhan beberapa kelompok orang, khususnya kalangan pebisnis yang membutuhkan efisiensi dan ketepatan waktu.
Terkait penerbangan helikopter, Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki laju pertumbuhan transportasi helikopter cukup pesat, selain negara-negara Asia lain seperti Jepang, India dan China. Indonesia saat ini juga sudah memasuki era taksi udara menggunakan helikopter.
Menurut Denon, pelaksanaan angkutan udara perintis penumpang saat ini masih perlu ditingkatkan baik dari aspek ketersediaan sarana (pesawat), pengawasan, ketersediaan SDM dan dukungan prasarana bandara.
Di akhir presentasi, Dirut Whitesky Aviation ini menyampaikan beberapa peraturan atau kebijakan pendukung yang memprioritaskan tindakan dan persaingan di seluruh sektor, sehingga mampu mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan di industri penerbangan.
In particular they need to:
- Strike the balance between the need for support and the risk of distorting competition
- Preserve business dynamics and allow exit
- Encourage investments in the green transtition and thereby increase the long-term resilience of the aviation industry
- Address sustainability along the whole aviation value chain.
- Setting up more investor friendly regulation to attract more private capitals/participations.