Arahan Direksi AP I, meski ditengah pandemi, pelayanan tidak boleh berkurang
PT Angkasa Pura I (Persero) menyelenggarakan rapat finalisasi penyelenggaraan program Customer Service Index (CSI) Tahun 2022, Rabu (8/6/2022), bertempat di kantor pusat AP I Bandar Kemayoran Jakarta Pusat.
Seperti diketahui, program CSI telah dilaksanakan secara online sejak 16 Maret 2022 bekerjasama dengan INACA. CSI diharapkan bisa menjadi referensi dalam upaya peningkatan pelayanan di 15 bandar udara kelolaan PT Angkasa Pura I.
Hadir dalam rapat tersebut Direktur Operasi AP I, Bpk. Wendo Asrul Rose; Direktur Pemasaran dan Pelayanan, Ibu Devy Suradji; VP Operasional Service and Hospitality, Ibu Indah Preastuty dan segenap tim unit Service dan Hospitality. Dari INACA hadir Sekjen INACA Bpk Bayu Sutanto, Staf Ahli Ketum INACA, Capt Dharmadi, Capt Toto, juga P Otong, P Dicky dan P Galih dari sekretariat INACA.
“Pengukuran CSI yang dilakukan pada saat pandemi ini, sekaligus menjadi ukuran apakah ketika kita melakukan efisiensi itu level of service sebagai jaminan pelayanan, tetap dapat dipertahankan”, kata VP Operasional Service and Hospitality, Ibu Indah Preastuty.
Hal senada disampaikan oleh Direktur Operasi AP I, Bpk. Wendo Asrul Rose dalam sambutannya yang menyampaikan bahwa AP I mempunyai yang namanya my inspection,
“Jadi daily kita harus melakukan pengukuran level of service terhadap pelayanan kita di bandara. Jadi dengan implementasi itu kita berharap teman-teman bisa memberikan suatu gambaran, kalaupun cost efisiensi itu dilakukan kita dapat cost yang efektif dalam proses pelayanan. Dan tidak terjadi penurunan kinerja pelayanan”, paparnya.
Sedangkan Direktur Pemasaran dan Pelayanan, Ibu Devy Suradji menjelaskan bahwa Direksi AP I telah memberikan arahan bahwa meski ditengah pandemi, pelayanan tidak boleh berkurang.
“Kita memang akhirnya banyak mencari way out gimana caranya at the same time pelayanan tetap ok, tetapi kita dapat cashflow tambahan”, terang Ibu Devy Suradji.
Selanjutnya Sekjen INACA Bpk Bayu Sutanto menyampaikan bahwa, hasil pengukuran CSI di 15 bandara AP I tahun 2022 secara total mengalami peningkatan.
“Dari pengukuran tahun 2022, kita lihat ada peningkatan, secara rata-rata CSI nya sebesar 4,7. Memang tantangannya 2 (dua) tahun ini kita semua termasuk bandara, airline masih belum keluar dari ICU. Jadi dalam proses recovery saat ini, bandara dan airline perlu duduk bareng terutama terkait peningkatan kapasitas”, tandasnya. (*)