Angkasa Pura 2

Resmikan Terminal Bandara Wiriadinata, Jokowi Perintahkan Garuda Terbang ke Tasikmalaya

BandaraRabu, 27 Februari 2019
images (18)

TASIKMALAYA (BeritaTrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal penumpang Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

Peresmian itu berlangsung singkat karena menjelang Magrib dan di sela-sela Kepala Negara hendak bertolak ke Jakarta.

Jokowi mengatakan, peresmian terminal penumpang itu dilakukan karena Bandara Wiriadinata akan menambah jadwal penerbangan.

Saat ini, bandara tersebut baru memberangkatkan penerbangan komersial untuk maskapai penerbangan Wings Air.

IMG_20190227_223241
images (20)

updlly05wng19eiyukie_17562

“Terminalnya difungsikan nanti kita harapkan Maret ada tambahan flight lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu,” tutur Jokowi.

Jokowi memerintahkan agar maskapai Garuda melakukan penerbangan dari Jakarta menuju Tasikmalaya.

Menurut dia, permintaan pasar menghendaki adanya penambahan penerbangan di Bandara Wiriadinata.

“Saya akan perintah lagi. Ya sudah tambah satu (penerbangan) karena kelihatannya pasarnya menghendaki itu,” katanya.

Jokowi menerangkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengusulkan Bandara Wiridinata bisa memberangkatkan penerbangan menuju Jakarta-Bandung-Tasikmalaya.

“Usulan Pak Guberbur, mungkin bisa aja yang satu lewat Bandung, Jakarta-Bandung-Tasik, Tasik-Bandung-Jakarta. (Sementara) yang satu langsung,” katanya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti mengutatakan
pengembangan bandara ini untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara di Tasikmalaya dan daerah sekitarnya.

“Selama 2018, penumpang yang berangkat dari bandara ini sebanyak 22.496 penumpang menggunakan pesawat ATR 72 berkapasitas 72 kursi. Dengan demikian rata-rata tingkat keterisiannya mencapai 85 persen tiap hari. Untuk itu, sudah saatnya bandara dikembangkan, mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang serta menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanannya tetap terjamin,” kata Polana.

images (17)

Sepanjang 2018 bandara yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub melalui Satuan Pelaksana dari UPBU Bandara Cakrabuwana Cirebon ini dikembangkan dari sisi udara dan sisi darat.

Dari sisi udara, dilakukan perpanjangan landasan pacu dari 1.200 meter menjadi 1.600 meter, pembuatan landasan pacu baru berukuran 75 meter x 23 meter serta apron baru seluas 100 meter x 80 meter. Sedangkan dari sisi darat, dibuat gedung terminal baru berukuran 1.100 meter persegi yang bisa menampung pergerakan 150 penumpang per hari.

Dengan landasan pacu sepanjang 1.600 meter, pesawat ATR 72 bisa beroperasi secara maksimal dalam hal mengangkut penumpang. Sedangkan apron yang baru bisa menampung pergerakan tiga pesawat ATR 72 dibanding apron lama yang hanya bisa menampung satu pesawat.

images (21)

images (19)
Bandara Wiriadinata sebelum dikembangkan

Menurut Kepala Satpel Bandara Wiriadinata Masrukhin, saat ini baru ada satu penerbangan dengan rute Bandara Wiriadinata – Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta PP yang dilayani Wings Air menggunakan pesawat ATR 72. Dengan selesainya pengembangan bandara ini, diharapkan frekuensi penerbangannya bisa ditambah atau bisa dibuka penerbangan ke rute lainnya.

“Kami juga masih akan melakukan pengembangan di tahun ini. Seperti misalnya untuk menambah dan memperbarui peralatan di terminal, memperbarui pagar bandara dan yang lainnya,” ujarnya.

Walikotamadya Tasikmalaya Budi Budiman optimistis pengembangan Bandara Wiriadinata akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya, tidak hanya Tasikmalaya, tapi juga Banjar, Ciamis, Garut, Pangandaran dan daerah lain di Jawa Barat bagian selatan.

Bila selama ini perjalanan transportasi darat memerlukan waktu 7-9 jam perjalanan menuju Jakarta, kini dengan pesawat dari Tasikmalaya hanya 50 menit.

(omy).

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari